OBYEK WISATA GUNUNG IJEN

  • PALTUDING
    Paltuding merupakan tempat terakhir yang dapat dilalui dengan kendaraan bagi pengunjung yang akan ke Kawah Ijen. Selain itu juga merupakan batas dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, dimana batas tersebut berupa jalan setapak dari Paltuding ke Kawah Ijen.
    Dari Paltuding dapat dilihat pemandangan indah Gunung Ijen, Gunung Merapi, Gunung Widodaren, Gunung Papak dan Gunung Ranti.
  • PONDOK BUNDER
    Dibangun pada masa pemerintah Hindia Belanda berbentuk setengah lingkaran atau yang dalam bahasa Jawa disebut bunder sehingga dinamakan Pondok Bunder.
    Fungsi utamanya untuk mengukur curah hujan per tahun. Selain itu karena udaranya yang sejuk dengan pemandangan alam berupa kaldera Pegunungan Ijen Raksasa (G.Raung, G.Rante, G. Roti, G.Papak, Perkebunan Kalisat, Belawan dan Lijen) dan area bird watching menjadikan Pondok Bunder ini sebagai salah satu tujuan wisata yang disukai pengunjung.
  • KAWAH IJEN
    Berada 3 km dari Paltuding dan merupakan salah satu kawah terbesar dan terindah di Indonesia yang berbentuk elip dengan ukuran 960 m x 600 m dan kedalaman sekitar 200 m dengan volume air 63 juta m3 memiliki pH yang sangat asam (pH 0-2) dan warna air yang berubah-ubah setiap waktu, dimana warnanya didominasi oleh warna hijau atau biru.
    Untuk mencapai bibir kawah cukup sulit karena harus dicapai dengan mendaki lereng yang cukup curam (40° – 60°) dengan jarak ± 27 meter, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai tantangan.
  • DAM / BENDUNGANBerfungsi untuk menjaga air dalam Kawah Ijen agar tidak meluap. Dari atas dam yang hanya dapat dicapai melalui 210 anak tangga dapat dilihat pemandangan danau Kawah Ijen dengan jelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: