TAMAN WISATA KAWAH IJEN

Kawasan Kawah Ijen terletak ditengah cagar alam Kawah Ijen pada jalur jalan dari paltuding sampai sekitar Kawah/kaldera, ditetapkan sebagai taman wisata Kawah Ijen sesuai dengan SK. Menteri Pertanian No. 1017/Kpts/Um/12/1981, tanggal 10 November 1981 dengan luas kawan 92 ha.
Daerah Gunung Ijen terdapat di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo. Pemukiman penduduk yang paling atas dan dekat dengan Gunung Kawah Ijen adalah desa Kali Anyar, Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso. Dahulu desa Kali Anyar ini termasuk dalam Kecamatan Klabang, namun mulai Januari 2001 dimasukkan dalam kecamatan Sempol. Berdasarkan data tahun 2001 (BPPTK), penduduk Desa Kali Anyar berjumlah 5.065 jiwa yang tersebar di 9 dusun yaitu : Plalangan, Blawan, K. Sengon, K. Gedang, Ler Penang, Sumberejo, G. Blau, Watu Capil dan Curah Macam.
Sementara pemukiman penduduk di Banyuwangi yang dekat dengan Gunung Ijen adalah daerah sepanjang aliran Kali Bendo dan Kali Mailang. Dan pemukiman penduduk Kabupaten Situbondo adalah terletak di sepanjang aliran Kali Banyuputih antara lain kecamatan Banyuputih dan Asem Bagus.
Potensi Wisata Kawah Ijen
Tipe Ekosistem
Sesuai dengan tipe vegetasi Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen mempunyai tipe ekosistem hutan. Hutan tropika basah dataran tinggi.
Flora dan Fauna
Flora dominan yang terdapat dilereng gunung adalah cemara gunung (casuarina junghuhniana), sedangkan yang banyak ditemukan di sekitar bibir kawah adalah Mentigi (vaccinium varingiaefolia) dan Edelwiss (anaphalis sp).
Tumbuhan lain Diantaranya Jamuju (podocarpus inbricatus) dan pasang (lithocarpus sp).
Fauna di Taman Wisata Kawah Ijen sangat terbatas, diantaranya beberapa jenis burung pegunungan, Landak (hystrix brachyura javanica), dan kijang (muntiacus muntjak) dapat dijumpai di sekitar paltuding.
Panorama
Panorama yang indah dapat dinikmati di puncak Kawah Ijen berupa pemandangan alam di sekitar kawah, pemandangan kearah kota Bondowoso sambil menikmati udara yang sangat dingin yaitu rata-rata 2 Celcius – 18 Celcius.
Keunikan/Kekhasan
Kawah dengan danau bewarna kehijauan berkombinasi dengan dinding kawah berwarna abu-abu dan kuning keemasan serta hitam, merupakan kekhas-an/keunikan tersendiri.
Disalah satu sisi kawah terdapat sumber gas belerang yang masih aktif mengeluarkan belerang melalui dinding tepi kawah.

Atraksi
Yaitu kita bisa melihat keluarnya belerang dari sisi kawah. Untuk melihat ini harus turun ke tepi bawah kawah melalui jalan setapak yang terjal. Sekitar bulan Agustus-September kita bisa melihat mekarnya bunga Edelwiss. Disamping itu juga dapat melihat aktifitas penambangan belerang di Kawah Ijen oleh penduduk sekitar.

Fasilitas
Fasilitas untuk pengunjung Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen yang ada diantaranya Pondok Wisata/penginapan dan Shelter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: