Forex vs Program Investasi Lainnya

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan forex trading yang tidak dapat ditawarkan investasi lainnya. Kemajuan Teknologi memungkinkan munculnya beberapa kelebihan yang sangat mempermudah aktifitas investasi. Pertanyaan sederhana yang seringkali dilontarkan para investor baru sebelum memulai investasinya di forex trading adalah:
Kenapa saya harus berinvestasi di forex?
Apa kelebihan forex dibandingkan dengan investasi lainnya?
Artikel ini ada untuk menjawab pertanyaan diatas. Berikut beberapa
kelebihan yang ditawarkan forex trading yang tidak dapat ditawarkan
investasi lainnya:

1. Return on Investment tertinggi dibanding investasi lainnya.
Adakah investasi yang sanggup menawarkan return hingga tak terbatas? Forex untuk melakukannya!

2. Likuiditas yang tinggi.
Ini berarti Anda selalu dapat membeli atau menjual mata uang yang hendak Anda transaksikan dan tidak ada istilah gagal serah disini. Ketika Anda melakukan aksi beli, selalu ada pihak lain yang akan menjualnya kepada Anda dan sebaliknya. Ini terjadi karena memang
lingkup investasi forex adalah bursa dunia yang saling terhubung satu sama lain. Berbeda dengan bursa lokal (ex: BEJ) dimana transaksi hanya berlangsung pada bursa tersebut saja sehingga dapat terjadi peristiwa gagal serah.

3. Modal yang dibutuhkan relatif kecil.
Memang dahulu modal yang dibutuhkan bisa sangat besar (mencapai 100 Juta). Tapi kini dengan AsiaFxOnline dari PT AKKB, modal yang dibutuhkan hanya Rp 5 juta saja. Bandingkan dengan investasi lain misalnya saham yang membutuhkan modal setidaknya Rp 20 Juta atau investasi sektor riil yang biasanya lebih dari Rp 50 Juta.

4. Jam trading 24 jam sehari dan 5 hari seminggu.
Tidak ada kata malam atau siang hari dalam dunia forex trading. Pasar berlangsung selama 24 jam sehari dimulai dari pasar Asia hingga pasar Eropa dan Amerika. Bandingkan dengan Saham yang hanya buka pada office hours atau pasar komoditi yang hanya buka pagi hingga siang
hari. Jika Anda seorang pekerja kantoran, Anda dapat bertransaksi forex trading pada malam hari dan tidak mengganggu jam kerja Anda.

5. Dimana saja, kapan saja dan siapa saja bisa bergabung.
Betul, investasi tidak mengenal kasta. Begitu juga dengan forex trading. Siapa pun Anda, pedagang, pekerja, seorang ibu rumah tangga atau bahkan seorang petani sekali pun dapat bergabung. Dan lebih hebatnya lagi dengan kemajuan dunia internet, Anda dapat bertrading
dimana saja tanpa harus pergi ke bursa yang bersangkutan atau menelepon dealer Anda secara langsung. Ini jelas menghemat waktu dan biaya Anda!

6. Investor bertindak aktif dalam investasinya.
Tidak seperti investasi lain dimana investor hanya dapat mempercayakan dananya dikelola pihak ketiga (reksadana, asuransi, deposito, dsb), pada forex trading Andalah yang menentukan sendiri kapan dan seberapa besar Anda hendak berinvestasi dengan melakukan aksi beli atau jual. Kini investasi Anda bergantung pada diri Anda sendiri dan tidak kepada orang lain.

7. Harga real time yang dapat Anda akses setiap saat secara cuma- cuma. Kami rasa ini sudah cukup, tidak perlu dijelaskan kembali. Semuanya gratis.

8. Tersedia demo account yang dapat Anda miliki secara gratis tanpa membayar sepesr pun! Jika Anda orang baru dalam dunia forex, ini akan sangat membantu Anda karena harga yang tertera pada demo account adalah sama dengan harga yang sesungguhnya terjadi di pasar.

9. Leverage yang ditawarkan 1:100.
Ini artinya dengan satu bagian yang Anda keluarkan, Anda dapat membeli atau menjual sebanyak 100 bagian. Inilah kelebihan dari margin trading dimana yang dibutuhkan hanyalah jaminan saja untuk membeli atau menjual barang yang dibutuhkan. Pada forex trading ini
diimplementasikan dengan modal sebesar $100 maka Anda dapat membeli Dollar sebanyak $10.000 dan juga sebaliknya untuk aksi jualnya. Leverage yang tinggi dan margin yang rendah pada dasarnya dapat memperbesar keuntungan atau sebaliknya kerugian Anda. Dengan demikian Anda harus mempertimbangkan resiko investasi dan rencana investasi Anda.

10. Online reporting and transaction.
Memang dahulu forex trading dilakukan melalui telepon dan laporan tertulis hasil transaksi Anda akan dikirim melalui email atau bahkan pos setiap bulannya. Tetapi kini dengan akses internet, bahkan laporan transaksi Anda pun dapat Anda akses kapan pun Anda mau tanpa harus menunggu dari pihak pialang melaporkannya kepada Anda.

11. Keamanan dan kerahasiaan terjamin.
Meskipun transaksi dilakukan melalui internet bukan berarti kemanan dan kerahasiaan informasi serta dana Anda tidak dijamin. Pihak pialang menyediakan enskripsi data yang ditransaksikan dan dana Anda pun aman tersimpan pada segregated account apabila Anda melakukannya pada pialang yang legal.

Jadi kini kami kembalikan kepada Anda untuk mempertimbangkannya secara obyektif dan menyesuaikannya dengan tujuan investasi Anda. Yang jelas, BelajarForex ada untuk membantu Anda memahami investasi satu ini dan memperoleh keuntungan maksimal darinya dengan
menyediakan informasi selengkap dan sebaik mungkin.

Semoga bermanfaat.. .

"Kekuatan Pikiran Bawah Sadar"


Manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk
menciptakan mahakarya. Kekuatan terbesar dalam diri
manusia itu terdapat pada pikiran. Tetapi kita jarang
membuktikan kekuatan pikiran tersebut, sebab kita
sering terjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan
tertentu. Sehingga selamanya tidak dapat mencari
kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasib yang
berarti.

Oleh karena itu milikilah target yang lebih tinggi
untuk merangsang kekuatan dalam pikiran tersebut.
Sebab target atau sasaran baru yang dipikirkan itu
akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan
tindakan. Apalagi jika diyakini target tersebut bakal
tercapai, maka diri kita akan lebih siap menghadapi
tantangan yang ada.

Setelah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif
dikerjakan hingga berulang-ulang, maka tanpa disadari
kita sudah banyak melakukan hal-hal penting hinga kita
tiba di zona baru, dimana kita berhasil mencapai
target yang didambakan. Itulah mengapa dikatakan bahwa
manusia mempunyai potensi yang sangat besar dalam
pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu
dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu:
autosuggestion dan visualization.

Autosuggestion

Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting
untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang
terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar
dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri
kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan
yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah
sadar itulah yang dinamakan autosuggestion.

Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa
percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh
konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan
berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar
inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita.
Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu
sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan
perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk
melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran
bawah sadar.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock) .
Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu
ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah
sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa
semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk
mewujudkan impian hidup kita.

Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh
oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk
mengubah diri dari dalam. Biasakan mendengar pola
pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang
konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan
budaya-budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme
dan kreatifitas.

Ada 5 (P) petunjuk dalam melakukan autosuggestion,
yaitu;
– Positive : pada saat melakukan autosuggestion,
pikirkan hal-hal yang positif saja.
– Powerful : lakukan dengan penuh keyakinan sebab
dapat memberikan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang
luar biasa.
– Precise : keinginan yang hendak dicapai harus sudah
dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya
bisa menyusun berdasarkan kategori.
– Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini,
bukan keinginan di masa lalu atau akan datang.
– Personal : lakukan perubahan positif terhadap diri
sendiri terlebih dahulu.

Sumber: Kekuatan Pikiran Bawah Sadar oleh Andrew Ho

"Pengalaman Adalah Guru Terbaik"

Saya mau sharing sebuah cerita, semoga bermanfaat dan
memberi masukan berharga bagi kita, bahwa kesuksesan
dan keberhasilan itu memang harus di perjuangkan dan
tidak datang dengan tiba-tiba.

Silahkan menjawab pertanyaan dibawah sebagai awal dari
sebuah cerita…

Pertanyaan pertama : siapa yang MAU menjadi kaya ?

Semua orang pasti akan angkat tangan.

Pertanyaan kedua : siapa yang BERUSAHA utk menjadi

kaya ? Hanya sebagian saja yang angkat tangan.

Pertanyaan ketiga : Siapa yang SUDAH kaya ?
Jumlah yang angkat tangan lebih sedikit lagi.

Apa yang salah disini ?

Pada pertanyaan pertama, orang hanya ditawari saja
suatu keadaan. Tidak sulit, karena mereka tinggal
bilang mau atau tidak. Pada pertanyaan kedua, sudah
menjurus ke tindakan yang akan anda lakukan untuk
mencapai pertanyaan pertama tersebut. Disini orang
yang menjawab positif tidak sebanyak di pertanyaan
pertama. Macam-macam penyebabnya. Mengapa ?

Orang mau kaya secara cepat, kalau bisa secara instan
tanpa perlu bekerja keras. Alasan kedua, mereka mau
bekerja keras, tapi “not in the right track” sehingga
kerja keras mereka tidak membuahkan hasil sesuai yang
diharapkan. Alasan ketiga, mereka tidak tahu harus
memulai dari mana, alasan terakhir mereka merasa cukup
hidup yang biasa-biasa saja, tidak perlu terlalu
ambisius.”Ora usah ngoyo”,
begitu kata orang jawa.

Pada pertanyaan ketiga adalah pada hasil, apakah hasil
kerja anda di pertanyaan kedua membuahkan hasil yang
memuaskan.
Hanya orang yang sudah berhasil di pertanyaan kedua
yang bisa ikut angkat tangan disini. Sebenarnya,
gimana sih cara untuk menjadi kaya, terutama secara
mudah kalau bisa ? saya juga mau ^_^

Ada beberapa cara untuk kaya secara mudah. Yang
pertama adalah lahir sebagai anak orang kaya. Jadi
berbahagialah anda yang lahir dengn nama belakang
Onasis dan Hilton. Karena begitu lahir anda cukup
angkat tangan untuk menjawab pertanyaan ketiga saja.

Yang kedua adalah Kawin dengan anak orang kaya. Namun
apabila anda sudah menikah dan tidak mendapatkan
“kesempatan” ini, anda bisa dengan cara ketiga, yaitu
mempunyai menantu orang kaya. Masih ada beberapa cara
lain, namun yang berikut lebih mengandalkan dewi
fortuna, misalnya anda menang undian atau dapat
warisan mendadak dari keluarga. Kalau dari semua cara
tersebut anda tidak berhasil, berarti anda memang
harus menggapai melalui jalur kerja keras.

Cara ketiga yang menarik dan Halal. Bertemu dengan
orang yang tepat. Kerja keras (hard work) saja tidak
menjamin orang menjadi kaya. Perlu juga di imbangi
dengan kerja cerdas (smartwork). Orang yang tepat
adalah orang yang bersedia menjadi mentor kita, serta
mau membimbing kita. Tentunya dia sendiri juga sudah
kaya, jadi bimbingan yang diberikan bukan cuma teori
saja, tapi juga pengalaman. Pengalaman itu mahal
harganya, karena dengan belajar dari pengalaman orang
lain anda akan terhindar dari “lubang jebakan”
kegagalan.

Dalam kehidupan sehari-hari ini, seperti apa sih orang
yang tepat itu ? tidak mudah memang menemukan orang
yang tepat. kalaupun misalnya anda sudah ketemu denga
orangnya. belum tentu juga dia mau membimbing anda.
Orang yang tepat tidaklah selalu membimbing anda
secara langsung, bisa juga teknik, sistem, prinsip,
kisah sukses orang lain, tokoh idola, maupun suatu
kebijaksanaan (wisdom).

Tidak usah berfikir terlalu rumit, mulailah dari
sekitar anda saja. Adakah suatu kebijakan atau
seseorang yang sudah sukses yang bisa anda contoh
kalau ada cobalah untuk mengamati bagaimana proses
yang dia lakukan selama ini.

Lalu bagaimana mengetahui bahwa prinsip atau mentor
yang akan kita contoh itu tepat? Just Do It, seperti
kata Nike.Lakukan saja. Dan, jangan pula takut gagal,
karena kita akan lebih banyak belajar dari
kegagalan daripada keberhasilan. tidak ada kesuksesan
tanpa kegagalan ataupun pengorbanan. Kita bisa belajar
banyak dari mentor ataupun pengalaman orang -orang
sukses bagaimana mereka mencapainya.

Semoga Bermanfaat

Jika ada Pertanyaan: Mengapa Ayam Menyebrang Jalan?

Jawaban menurut berikut dibawah ini adalah….

Guru TK:
Supaya sampai ke ujung jalan.
FBI:
Beri saya lima menit dengan ayam itu, saya akan tahu kenapa.
Aristoteles:
Karena merupakan sifat alami dari ayam.
Martin Luther King, Jr.:
Saya memimpikan suatu dunia yang membebaskan semua ayam menyeberang jalan tanpa mempertanyakan kenapa.
Freud:
Fakta bahwa kalian semua begitu peduli pada alasan ayam itu menunjukkan ketidaknyamanan seksual kalian yang tersembunyi.
George W Bush:
Kami tidak peduli kenapa ayam itu menyeberang! Kami cuma ingin tau apakah ayam itu ada di pihak kami atau tidak, apa dia bersama kami atau melawan kami. Tidak ada pihak tengah di sini!
Darwin:
Ayam telah melalui periode waktu yang luar biasa, telah melalui seleksi alam dengan cara tertentu dan secara alami tereliminasi dengan menyeberang jalan.
Einstein:
Apakah ayam itu menyeberang jalan atau jalan yang bergerak di bawah ayam itu, itu semua tergantung pada sudut pandang kita sendiri.
Nelson Mandela:
Tidak akan pernah lagi ayam ditanyai kenapa menyeberang jalan! Dia adalah panutan yang akan saya bela sampai mati!
Thabo Mbeki:
Kita harus mencari tahu apakah memang benar ada kolerasi antara ayam dan jalan.
Isaac Newton:
Semua ayam di bumi ini kan menyeberang jalan secara tegak lurus dalam garis lurus yang tidak terbatas dalam kecepatan yang seragam, terkecuali jika ayam berhenti karena ada reaksi yang tidak seimbang dari arah berlawanan.
Miyabi:
Ooohh… Aahhh… Yeeahh… Mmmhhh…
Programmer Oracle:
Tidak semua ayam dapat menyeberang jalan, maka dari itu perlu adanya interface untuk ayam yaitu nyeberangable, ayam-ayam yang ingin atau bisa menyeberang diharuskan untuk mengimplementasikan interface nyebrangable, jadi di sini sudah jelas terlihat bahwa antara ayam dengan jalan sudah loosely coupled.
Sutiyoso:
Itu ayam pasti ingin naik busway.
Soeharto:
Ayam-ayam mana yang ndak nyebrang, tak gebuk semua! Kalo perlu ya dikebumikan saja.
Habibie:
Ayam nyeberang dikarenakan ada daya tarik gravitasi, dimana terjadi percepatan yang mengakibatkan sang ayam mengikuti rotasi dan berpindah ke seberang jalan.
Nia Dinata:
Pasti mau casting ’30 Hari Mencari Ayam’ ya?
Desi Ratnasari:
No comment!
Dhani Ahmad:
Asal ayam itu mau poligami, saya rasa gak ada masalah mau nyebrang kemana juga…
Chinta Laura:
Ayam nyebrang jhalaan..? karena gak ada owject…biecheeck. …
Julia Perez:
Memangnya kenapa kalo ayam itu menyeberang jalan? Karena sang jantan ada di sana! Daripada sang betina sendirian di seberang sini, yaaahhhh dia kesana laahh… Cape khan pake alat bantu terus?
Roy Marten:
Ayam itu khan hanya binatang biasa, pasti bisa khilaf.. (sambil sesenggukan) .
Butet Kartaredjasa:
Lha ya jelas untuk menghindari grebekan kamtib to?
Megawati:
Ayamnya pasti ayam wong cilik. Dia jalan kaki toh?
Harmoko:
Berdasarkan petunjuk presiden.

and the best answer is: ….!!!!!

Gus Dur :
‘Kenapa ayam nyebrang jalan? Ngapain dipikirin? Gitu aja kok repot! “

*** 4 Tipe Manusia Hadapi Tekanan Hidup ***

“Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan
bagi jiwa kita untuk tumbuh” (John Gray)

Pembaca, hidup memang tidak lepas dari berbagai
tekanan. Lebih-lebih, hidup di alam modern ini yang
menyuguhkan beragam risiko. Sampai seorang sosiolog
Ulrich Beck menamai jaman kontemporer ini dengan
masyarakat risiko (risk society). Alam modern
menyuguhkan perubahan cepat dan tak jarang
mengagetkan.

Nah, tekanan itu sesungguhnya membentuk watak,
karakter, dan sekaligus menentukan bagaimana orang
bereaksi di kemudian hari.

Pembaca, pada kesempatan ini, saya akan memaparkan
empat tipe orang dalam menghadapi berbagai tekanan
tersebut. Mari kita bahas satu demi satu tipe manusia
dalam menghadapi tekanan hidup ini.

Tipe pertama, tipe kayu rapuh. Sedikit tekanan saja
membuat manusia ini patah arang. Orang macam ini
kesehariannya kelihatan bagus.

Tapi, rapuh sekali di dalam hatinya. Orang ini gampang
sekali mengeluh pada saat kesulitan terjadi.

Sedikit kesulitan menjumpainya, orang ini langsung
mengeluh, merasa tak berdaya, menangis, minta
dikasihani atau minta bantuan. Orang ini perlu
berlatih berpikiran positif dan berani menghadapi
kenyataan hidup.

Majalah Time pernah menyajikan topik generasi
kepompong (cacoon generation). Time mengambil contoh
di Jepang, di mana banyak orang menjadi sangat lembek
karena tidak terbiasa menghadapi kesulitan.

Menghadapi orang macam ini, kadang kita harus lebih
berani tega. Sesekali mereka perlu belajar dilatih
menghadapi kesulitan. Posisikan kita sebagai
pendamping mereka.

Tipe kedua, tipe lempeng besi. Orang tipe ini biasanya
mampu bertahan dalam tekanan pada awalnya. Namun
seperti layaknya besi, ketika situasi menekan itu
semakin besar dan kompleks, ia mulai bengkok dan tidak
stabil. Demikian juga orang-orang tipe ini. Mereka
mampu
menghadapi tekanan, tetapi tidak dalam kondisi
berlarut-larut.

Tambahan tekanan sedikit saja, membuat mereka menyerah
dan putus asa.
Untungnya, orang tipe ini masih mau mencoba bertahan
sebelum akhirnya menyerah. Tipe lempeng besi memang
masih belum terlatih. Tapi, kalau mau berusaha, orang
ini akan mampu membangun kesuksesan dalam hidupnya.

Tipe ketiga, tipe kapas. Tipe ini cukup lentur dalam
menghadapi tekanan. Saat tekanan tiba, orang mampu
bersikap fleksibel. Cobalah Anda menekan sebongkah
kapas. Ia akan mengikuti tekanan yang terjadi.

Ia mampu menyesuaikan saat terjadi tekanan. Tapi,
setelah berlalu, dengan cepat ia bisa kembali ke
keadaan semula. Ia bisa segera melupakan masa lalu dan
mulai kembali ke titik awal untuk memulai lagi.

Tipe keempat, tipe manusia bola pingpong. Inilah tipe
yang ideal dan terhebat. Jangan sekali-kali
menyuguhkan tekanan pada orang-orang ini karena
tekanan justru akan membuat mereka bekerja lebih giat,
lebih termotivasi, dan lebih kreatif. Coba perhatikan
bola pingpong. Saat ditekan, justru ia memantuk ke
atas dengan lebih dahsyat. Saya teringat kisah hidup
motivator dunia Anthony Robbins dalam salah satu
biografinya.

Untuk memotivasi dirinya, ia sengaja membeli suatu
bangunan mewah, sementara uangnya tidak memadai. Tapi,
justru tekanan keuangan inilah yang membuat dirinya
semakin kreatif dan tertantang mencapai tingkat
finansial yang diharapkannya.

Hal ini pernah terjadi dengan seorang kepala regional
sales yang performance- nya bagus sekali.

Bangun network
Tetapi, hasilnya ini membuat atasannya tidak suka.
Akibatnya, justru dengan sengaja atasannya yang kurang
suka kepadanya memindahkannya ke daerah yang lebih
parah kondisinya. Tetapi, bukannya mengeluh seperti
rekan sebelumnya di daerah tersebut. Malahan, ia
berusaha membangun netwok, mengubah cara kerja, dan
membereskan organisasi. Di tahun kedua di daerah
tersebut, justru tempatnya berhasil masuk dalam daerah
tiga top sales.

Contoh lain adalah novelis dunia Fyodor Mikhailovich
Dostoevsky.

Pada musim dingin, ia meringkuk di dalam penjara
dengan deraan angin dingin, lantai penuh kotoran
seinci tebalnya, dan kerja paksa tiap hari. Ia mirip
ikan herring dalam kaleng. Namun, Siberia yang beku
tidak berhasil membungkam kreativitasnya.

Dari sanalah ia melahirkan karya-karya tulis besar,
seperti The Double dan Notes of The Dead. Ia menjadi
sastrawan dunia. Hal ini juga dialami Ho Chi Minh.

Orang Vietnam yang biasa dipanggil Paman Ho ini harus
meringkuk dalam penjara. Tapi, penjara tidaklah
membuat dirinya patah arang. Ia berjuang dengan
puisi-puisi yang ia tulis. A Comrade Paper Blanket
menjadi buah karya kondangnya.

Ah itu kan contoh kejadian di luar negeri . . .
mungkin demikian pertanyaan anda.
Seorang rekan yang bekerja di sebuah perusahaan
otomotif terbesar di Indonesia dikucilkan bahkan
dibuang kecabang nun jauh dari kantor pusat oleh si
Boss yang seorang wanita . Namun dengan motivasi
kuatnya dia berhasil ” ditarik ” kembali ke kantor
pusat dan malah bertugas ” meng ” guide ” departemen
sang Boss untuk beberapa materi development dengan
ilmu yang dimilikinya .

Sekarang sang rekan malah sudah menduduki posisi
puncak dengan wewenang diatas sang boss yang
mengucilkannya , walaupun di perusahaan otomotif
kompetitor.

Nah, pembaca, itu hanya contoh kecil. Yang penting
sekarang adalah Anda. Ketika Anda menghadapi
kesulitan, seperti apakah diri Anda?

Bagaimana reaksi Anda? Tidak menjadi persoalan di mana
Anda saat ini.

Tetapi, yang penting bergeraklah dari level tipe kayu
rapuh ke tipe selanjutnya. Hingga akhirnya, bangun
mental Anda hingga ke level bola pingpong.

Saat itulah, kesulitan dan tantangan tidak lagi
menjadi suatu yang mencemaskan untuk Anda. Sekuat
itukah mental Anda?

Sumber: 4 Tipe Manusia Hadapi Tekanan Hidup oleh
Anthony Dio Martin

Mengenal Algoritma DES

Semenjak kehadiran internet pada kehidupan manusia, kontrol atas informasi bergerak dengan amat cepat.Termasuk pula informasi-informasi yang harus mendapatkan “perhatian” khusus karena nilai informasi tersebut yang sangat penting semisal informasi intelijen,militer, dan berbagai macam informasi yang sering dilabeli TOP SECRET. Dengan adanya masalah di atas maka muncul ilmu baru pada dunia informatika yang disebut kriptografi yang merupakan pengembangan dari kriptologi.Berbagai pakar kriptografi telah mengembangkan berbagai macam algoritma enkripsi seperti AES,Lucifer,OTP,IDEA,Triple DES,DES,dsb.Diantara berbagai macam jenis algoritma, DES merupakan algoritma yang paling terkenal dan paling banyak digunakan di internet semisal untuk aplikasi e-commerce,perbankan,dll.Namun sebelum mempelajari bagaimana cara kerja algoritma DES maka akan “sedikit” dibahas terlebih dahulu riwayat hidup sang algoritma.
download disini

Algoritma

Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.

Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.