Bagaimana Membackup Data atau File Website

Anda memiliki website dengan domain dan hosting sendiri? Bila jawabannya iya, maka sudah saatnya Anda menjadwalkan waktu untuk membackup data atau file website Anda secara teratur. Kegunaan dari backup data atau file website ini adalah untuk menghindari hilangnya data website baik sebagian atau keseluruhan yang bisa diakibatkan oleh internal website Anda seperti error dikarenakan kesalahan Anda, tidak sengaja menghapus file atau kesalahan dari pihak hosting (pihak hosting berhenti beroperasi) atau dari external website Anda seperti gangguan dari pihak luar.

backup file website

Sudahkah Anda Membackup File Website Anda?

Backup file website berguna agar Anda bisa mengupload file website Anda kembali dan mengembalikannya seperti semula sebelum terjadinya “sesuatu hal”. Backup file lebih baik dilakukan secara teratur dengan menyimpan file website Anda ke computer dan di CD. Saat ini ada perusahaan hosting yang menyediakan service tambahan untuk melakukan backup file secara teratur untuk keperluan Anda, tetapi tentunya Anda lebih baik tidak mengandalkan 100% pihak hosting, Anda perlu membackup file website sekali-sekali.

Untuk membackup file website dan database, yang Anda lakukan adalah:

1. Anda login ke control panel hosting Anda. Tergantung Anda menggunakan windows atau linux webhosting. Bila menggunakan linux webhosting dengan cpanel, bisa diakses melalui domainanda.com/cpanel , selanjutnya masukkan username dan password login Anda. Contoh disini menggunakan linux webhosting dengan cpanel.

2. Kemudian di control panel Anda cari icon backups, dan klik icon tersebut.

3. Selanjutnya Anda akan diberikan pilihan backup file.

  • Full Backup berarti backup untuk keseluruhan file website dan database.
  • Partial Backups untuk Home Directory Backup adalah backup untuk struktur dan seluruh file website saja (struktur folder, file html, htm, php, zip, dll)
  • Sedangkan Partial Backups untuk MySQL Database Backup adalah backup untuk database mysqlnya saja.

Untuk melakukan Partial Backups, Anda tinggal klik link “Home Directory” untuk backup file dan klik “nama Database” untuk back up mysql database. Nantinya akan dimunculkan link untuk mendownload langsung. Dan Untuk merestore atau menggunakan back up file nantinya, Anda tinggal menggunakan pilihan restore a Home Directory Backup atau MySQL Database pada bagian sebelah kanannya.

4. Full Backup digunakan bila Anda ingin pindah hosting, untuk memindahkan file website ke hosting lain dari tempat hosting sekarang ini. Untuk melakukan Full Backup Anda klik “Download or Generate a Full Backup” pada gambar diatas (point 3), lalu akan dimunculkan halaman di bawah ini dan Anda tinggal masukkan alamat email Anda, dan klik “Generate Backup”, Bila generate backup sudah selesai, Anda akan dikabari melalui email untuk segera mendownload full backup file pada halaman tersebut.

Tetapi bila file yang akan dibackup besar, kadang-kadang sering putus dalam proses mendownloadnya, untuk mengatasinya, Anda download full backup dengan menggunakan Software FTP seperti filezilla. File Full backup tersebut biasanya akan tersimpan di directory sejajar dengan public_html.

Setelah full backup didownload menggunakan Software FTP, jangan lupa untuk menghapus file tersebut menggunakan Software FTP itu juga, karena bila tidak dihapus maka akan mengurangi disc space hosting Anda juga.

Notes: Jadwalkanlah backup file Anda seperti Full Backup Anda lakukan 1 kali sebulan dan Partial Backups Anda lakukan setiap hari atau seminggu sekali. Tergantung kondisi website Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: