Bagaimana Mengupgrade Blog WordPress

Dengan berjalannya waktu dan perkembangan software blog wordpress yang terus menerus diperbaharui dan diupdate, maka mau tidak mau Anda suatu saat perlu mengupgrade software blog wordpress yang Anda gunakan ke versi yang lebih baru.

Upgrade perlu dilakukan karena tentunya semakin baru versinya maka akan semakin baik dengan banyak perbaikan disana-sini untuk script programnya dan juga memberikan fasilitas-fasilitas tambahan yang lebih baik, diakses lebih cepat dan juga untuk menyesuaikan dengan template baru yang akan digunakan. Dalam mengupgrade blog wordpress, Anda tidak perlu lakukan setiap saat muncul versi baru, Anda hanya perlu upgrade bila Anda merasa perlu. Ini adalah pengalaman yang saya lakukan dengan mengupgrade blog wordpress versi 2.3.1 ke 2.6.5

Langkah-Langkah dalam Proses Mengupgrade Blog WordPress adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Membackup data

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan backup file dan database website Anda, hal ini sangat perlu dilakukan agar bila proses upgrade gagal (error) maka Anda tetap bisa kembali ke versi yang biasa Anda gunakan dan postingan, links, comments, gambar di blog Anda tidak hilang. Untuk memback up data, Anda bisa gunakan postingan saya dengan judul “Bagaimana Membackup Data atau File Website“. Lakukan partial back up untuk home directory dan database mysqlnya.

Langkah 2: Menonaktifkan plugin dan Merubah template ke default template

Langkah kedua setelah melakukan backup yaitu Anda perlu menonaktifkan semua plugins yang pernah Anda gunakan lalu mengganti template Anda ke default template blog wordpress.

Untuk menonaktifkan plugins: Buka Tab Plugins > Pilih Semua Plugin > Lalu Deactivate Semua Plugin

Untuk mengganti template: Buka Tab Design > Pilih Template WordPress Default

Langkah 3: Mengupgrade Blog WordPress

Sebelum memulai mengupgrade blog wordpress, Anda perlu tahu sewaktu menginstall blog wordpress dahulu, menggunakan fantastico di cpanel atau secara manual? Karena proses upgradenya berbeda. Bila menggunakan fantastico proses upgradenya juga menggunakan fantastico sedangkan bila secara manual maka Anda perlu mengupgradenya secara manual juga.

Proses mengupgrade blog wordpress ini bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu:

– Bila Anda menggunakan fantastico sewaktu menginstall wordpress pertama kali, Anda perlu mengupgrade dengan fantastico juga.

– Bila Anda menggunakan cara manual maka Anda upgrade dengan cara manual juga, tutorialnya pada website wordpress.

– Dan ada satu lagi, Anda bisa menggunakan plugin yang bisa digunakan untuk membantu proses mengupgrade blog wordpress yaitu plugin WordPress Automatic Upgrade

Karena saya dulu menggunakan fantastico, maka saya akan mengupgrade menggunakan fantastico.

Mengupgrade Blog WordPress Menggunakan Fantastico

1. Anda login ke control panel hosting Anda dengan mengetikkan namadomain.com/cpanel di browser lalu masukkan username dan password hosting Anda.

2. Kemudian klik icon Fantastico

3. Pada halaman fantastico > pilih wordpress, lalu Anda tinggal klik tombol upgrade pada alamat website Anda.

Langkah 4:Mengganti template dan mengaktifkan kembali plugin

Bila proses upgrade berjalan dengan baik selanjutnya Anda tinggal menganti template baru blog Anda dan juga mengaktifkan kembali plugin-pluginnya.

Dan blog Anda sudah tampil dengan versi blog wordpress yang baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: