Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti melakukan optimasi posisi website Anda di search engine. Tujuannya agar website Anda tampil pada halaman paling depan pada waktu seseorang mencari informasi di search engine. Posisi yang Anda incar paling tidak 3 halaman pertama hasil pencarian, mengapa? karena rata-rata orang yang mencari suatu informasi, akan membuka daftar website yang ditampilkan paling banyak sampai halaman ke 5, lalu ia akan mencoba mengetikkan kata pencarian yang lainnya. Jadi bila website Anda tampil di halaman paling depan (hal 1) maka kemungkinan website Anda akan dikunjungi orang-orang dari search engine akan semakin besar.

Tujuan dari SEO sendiri adalah traffic (kunjungan) ke website Anda, dan traffic dari search engine merupakan traffic yang targeted sesuai dengan keyword yang Anda bidik. Dan setelah pengunjung datang ke website Anda, tinggal Anda “monetize” website Anda. Monetize maksudnya menciptakan penghasilan dari website Anda.

Penghasilan tersebut bisa didapat dari: Menjual produk Anda sendiri di website Anda, Mempromosikan program-program affiliate, atau menampilkan banner-banner iklan agar di klik pengunjung dan Anda akan mendapatkan penghasilan dari hasil klik iklan tersebut.

Agar website Anda bisa ditampilkan pada hasil pencarian, Anda memerlukan content (isi) website yang memuat keyword (kata-kata pencarian) yang diketikkan oleh pengguna search engine. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah temukan beberapa keyword yang sesuai dengan isi dari website Anda dan lakukan optimasi untuk keyword tersebut dengan membuat content seputar keyword yang Anda inginkan.

Lalu bangunlah back link yang berkualitas (link dari website lain menuju website Anda) untuk meningkatkan page rank website Anda. Google mengindex dan menyusun posisi website berdasarkan page rank dan content website. Nilai page rank mulai dari 1, 2, 3 s/d 10. Nilai page rank website google adalah 10, semakin tinggi nilai page rank maka google menilai website Anda memuat content yang berkualitas.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Tentukan keyword yang Anda bidik, dan optimasi website Anda berdasarkan keyword tersebut dengan membuat content yang memuat keyword-keyword tersebut.

2. Membangun back link berkualitas ke website Anda dengan menggunakan text link keyword Anda. Contoh bila keyword Anda: belajar SEO, maka sewaktu Anda membuat back link di website lain baik dari forum, directory website dan lain-lainya, Anda gunakan keyword Anda diberikan link website Anda seperti ini belajar SEO.

3. Akan lebih bagus lagi bila nama domain Anda memuat keyword yang Anda bidik.

Bagi teman-teman yang ingin menambahkan, silahkan melalui comment form…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: