Tutorial Membuat Website Gratis (2)

Tutorial ini merupakan lanjutan dari “Tutorial Membuat Website Gratis” sebelumnya, Anda bisa mengecek pada artikel sebelumnya mengenai topik tersebut, dimana pada artikel sebelumnya setelah Anda memilih domain dan mendaftarkan web hosting gratis, Anda menggunakan Site Builder untuk membuat website Anda. Dan untuk membuat website itu, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain:

1. Dengan menggunakan software site builder yang disediakan oleh layanan web hosting dimana Anda mendaftarkan (membeli) paket web hosting, pada tutorial ini menggunakan web hosting gratis.

2. Dengan menggunakan Cpanel dan fasilitas fantastico yang disediakan di Cpanel web hosting Anda untuk menginstall software atau script seperti Blog WordPress, Forum Phpb, CMS Joomla, dan lain-lainnya.

3. Dengan menginstall software atau script website secara manual, software atau script tersebut bisa berupa script Blog WordPress, Forum Phpbb, CMS Joomla, dan lainnya, tetapi proses penginstallannya dilakukan secara manual tidak melalui Cpanel (fasilitas fantastico), atau Anda menginstall software atau script website lainnya (script website yang tidak disediakan dalam fasilitas fantastico).

4. Dengan membuat website sendiri baik dengan mengedit sebuah template website maupun membuat website dari dasar.

Dan pada tutorial kali ini akan membuat dan menginstall software atau script blog wordpress (contohnya) dengan menggunakan Cpanel dan fasilitas fantastico (point 2).

Blog sendiri adalah website yang berupa jurnal online yang menampilkan halaman berita berdasarkan urutan waktu, dimana halaman terbaru akan ditampilkan pada posisi paling atas. Perbedaan Blog dengan website biasa pada umumnya (seperti website dengan menggunakan site builder) adalah blog lebih dinamis dan mudah digunakan.

Dengan blog kita akan lebih mudah untuk menampilkan berita atau postingan baru, sedangkan pada webste biasa, umumnya jumlah halamannya tetap dan yang diupdate hanya isi dari halaman tersebut. Website biasa, umumnya digunakan oleh perusahaan yang menampilkan informasi mengenai company profile, produk atau service yang ditawarkan dan juga contact person perusahaan, sedangkan blog lebih menonjolkan interaksi antara pemilik blog dengan pembaca blog, dimana pemilik blog mempublikasikan artikel-artikel untuk topik-topik tertentu dan pengunjung blog bisa memberikan komentar terhadap artikel-artikel tersebut, dalam hal ini proses interaksi terjadi. Sebagai permulaan sangat baik dimulai dengan menggunakan blog sebagai website Anda. Mari kita mulai proses penginstallan Blog WordPress melalui Cpanel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: