Persiapan Menghadapi Kejurnas Jakarta 22 Atlet FKTI NTT TC di Surabaya

KUPANG, Timex-Sebanyak 22 atlet karate tradisional yang bernaung di bawah payung Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI), Koordinator Daerah (Korda) NTT, akan dipersiapkan mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) karate tradisional Menpora Cup II di Jakarta. Untuk itu, ke-22 atlet (6 putri) yang sukses meraih prestasi pada pelaksanaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) FKTI di Maumere-Sikka 2008 itu akan disiapkan secara khusus melalui Trainning Centre (TC) atau pemusatan latihan di Surabaya.

Ketua Umum Korda FKTI NTT, Frans Fernando kepada koran ini di Kupang, Rabu (16/7) malam lalu mengatakan, ke-22 atlet karate tradisional yang akan mengikuti TC ini berasal di delapan koordinator cabang (Korcab) di NTT, yakni Korcab Kabupaten Kupang (1 atlet), Sikka (3 atlet), Ende (2 atlet), Nagekeo (2 atlet), Ngada (3 atlet), Manggarai (6 atlet), Manggarai Barat (1 atlet), dan Sumba Barat (4 atlet).

“Para atlet yang kita (FKTI NTT, Red) rekrut untuk mengikuti TC itu diharapkan tanggal 27 Juli sudah berada di Surabaya untuk berlatih bersama atlet-atlet karate Surabaya. TC di Surabaya itu akan dilakukan di GOR Kertajaya hingga tanggal 16 Agustus 2008, selanjutnya tanggal 18 Agustus bertolak ke Jakarta untuk mengikuti kejurnas yang akan dihelat mulai dari tanggal 20 – 23 Agustus 2008,” ungkap Fernando yang saat itu didampingi Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Korda FKTI NTT, Wempy Ello (Dan V).

Frans Fernando mengatakan, tujuan melakukan TC ke Surabaya ini dengan maksud untuk memperbanyak kegiatan latih tanding bersama atlet-atlet karate tradisional Jawa Timur. “Selain itu dimaksudkan agar ketika akan berangkat ke Jakarta, anak-anak (atlet) tidak lelah dalam perjalanan, dan cepat beradaptasi dengan alam Jakarta,” jelas Frans Fernando yang juga pemegang sertifikat pelatih/penguji dan wasit/juri internasional ini. Selama TC di Surabaya, menurut Frans Fernando (Dan VII), para atlet akan dibimbing langsung dirinya sebagai pelatih kepala, bersama Wempy Ello (Dan V) serta Agus Ramahuti (Dan IV) asal Manggarai.

Frans Fernando menyebutkan, ke-22 atlet yang dipersiapkan ini adalah para atlet senior, karena even yang dilaksanakan itu adalah kejurnas senior. Kejurnas ini, demikian Fernando juga dilaksanakan dalam rangka mencari atlet karate tradisional terbaik Indonesia dikelasnya yang akan dipersiapkan mengikuti kejuaraan dunia karate tradisional (ITKF) tanggal 12-15 Oktober 2008 nanti di Lithuania.

Selain itu juga, tambah Fernando, ajang kejurnas ini juga untuk menyeleksi atlet yang akan dipersiapkan mengikuti kejuaraan karate Asian Oceania di Bangkok, tanggal 18 Desember 2008 nanti, termasuk kesiapan mengikuti kejuaraan dunia senior/yunior di Tokyo-Jepang bulan September 2009.

Menyinggung soal kesiapan dan target NTT di kejurnas Menpora Cup II nanti, menurut Frans Fernando, dirinya optimistis atlet-atlet FKTI NTT dapat memboyong trofi Menpora Cup ke NTT, mengingat mereka yang akan dibwa itu adalah atlet-atlet karate tradisional berprestasi yang dimiliki NTT saat ini, berdasarkan hasil Kejurda lalu di Maumere.

Fernando juga mengungkapkan, ke-22 atlet karate tradisonal NTT yang akan dibawa ini akan turun disemua kelas yang dipertandingkan, yakni kelas Hukugo Coomitte (putra/putri), Kogo Coomitte (putra/putri), Komite Perorangan (putra/putri), Komite Beregu (putra), Kata Beregu (putra/putri), Embu Berpasangan (putra), Embu Berpasangan (putri), Kata Perorangan (putra/putri) serta Kata Beregu (putra/putri). “Jadi kita akan turun disemua kelas yang dipertandingkan nanti.

Dan uniknya, kelas-kelas ini dipertandingkan tidak menggunakan sistem kelas berat badan, tapi semuanya kelas bebas. Inilah yang membedakan karate di bawah FKTI dengan karate di bawah FORKI. Kalau di FORKI dengan sistem kelas berat badan, di FKTI tidak. FKTI juga memiliki badan dunia yang disebut ITKF (International Traditional Karate Federation), sedangkan FORKI berada di bawah World Karate Federation (WKF),” beber Fernando.

Untuk diketahui, Kejurda FKTI senior/yunior di Maumere-Sikka, diikuti 10 Korcab, yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat dan Sumba Barat. Juara umum Kejurda ini direbut kontingen Korcab Nagekeo.

(aln)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: