Parade Pelantikan dan Hari Pertama Tugas Barack Obama

Parade Pelantikan Obama

Parade Pelantikan Obama

WASHINGTON, RABU – Barack Obama telah dilantik sebagai presiden ke-44 AS, Selasa (20/1), dengan menembus batasan ras sehingga menjadi pemimpin kulit hitam pertama di negeri Paman Sam yang dihadapkan dengan masalah ekonomi serius serta pertempuran. Obama yang saat ini berusia 47 tahun memegang kekuasaan di sebuah negara yang mendambakan perubahan setelah George W. Bush memegang kekuasaan di Gedung Putih selama 8 tahun.

Masa kekuasaan Bush telah diwarnai oleh serangan teroris 11 September 2001, bermulanya pertempuran di Afganistan serta Irak dan sebuah keruntuhan ekonomi yang tak pernah terjadi sejak Great Depression pada 1930an.

Terpilihnya Obama sebagai presiden AS telah mengundang perhatian jutaan warga di seluruh dunia dengan harapan bahwa pemimpin baru AS akan bersikap lebih terbuka terhadap kebutuhan masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia. Pemerintah baru AS juga diharapkan lebih dapat menyelesaikan berbagai masalah lewat diplomasi ketimbang kekuatan militer.

Obama yang dikenal dengan talenta orator penuh inspirasi telah menekankan harapan jutaan orang saat ia menggariskan kebijakan baru bagi AS. Obama berjanji untuk menekankan diplomasi serta solusi global untuk merespon perubahan iklim, menolak penganiayaan serta menutup penjara Teluk Guantanamo.

Lebih dari 10.000 di seluruh 50 negara bagian termasuk band dan satuan militer disertakan untuk mendampingi Obama dan Joe Biden dalam parade sejauh 2,4 kilometer dari Capitol hingga Pennsylvania Ave. Parade pelantikan yang mengakibatkan ditutupnya sejumlah jalan dan jembatan utama di Washington ini telah menarik perhatian pengunjung hingga mencapai 2 juta orang.

Rabu (21/1), hari pertama dalam masa tugasnya sebagai presiden AS, Obama akan membuktikan janji dalam kampanyenya untuk menarik pasukan AS dari Irak berdasarkan jadwal yang berlangsung selama 16 bulan. Obama dilaporkan akan memanggil Kepala Staf Gabung ke Oval Office dan menyampaikan perintah penarikan pasukan itu. Obama juga akan menugaskan tim ekonominya guna segera memulihkan kondisi ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: