Solusi termudah install openchrome di ubuntu/

Ternyata saya belum kapok untuk mencoba membenamkan Ubuntu di Axioo Neon saya. Apalagi setelah ada kabar bahwa telah muncul versi teranyar 8.04 dengan kode Hardy Heron yang Long Time Support.

Suport selama tiga tahun, weleh-weleh. Saya memang menyukai versi LTS seperti itu karena saya bosan bongkar pasang Linux. Mudah-mudahan selama tiga tahun saya nggak disibukkan dengan install – uninstall linux lagi.

Capek. Dengan harap-harap cemas, bahwa VGA Via telah mendapatkan perhatian khusus di versi ini, Minggu kemarin habis pengajian saya langsung meluncur ke LUG di Ketintang untuk membeli Ubuntu HH ini. Live CD berjalan dengan lancar. Instalasi berjalan mulus tanpa hambatan sama sekali. Namun masih seperti sebelumnya butuh kerja keras untuk bisa berharap bahwa grafis berjalan dengan layak. Beberapa kali saya mencoba resep dari kawan-kawan yang telah berhasil menginstall openchrome sebelumnya.

1. Pakai saran download driver dari repository : sudo apt-get build-dep xserver-xorg-video-via. Nihil, malah kita nggak bisa masuk GUI.

2. Tutorial dari pak Hendi Irawan adalah tutorial paling lengkap soal openchrome. Entah mengapa saat sampai pada perintah sudo apt-get build-dep xserver-xorg-video-via saya mengalami kegagalan. Saya sudah berganti 2 repository tetep saya nggak ada hasil. Ketika saya melewati tahab itu, maka tidak sepeti Zenwalk yang langsung bisa diinstall, pada Ubuntu ternyata masih banyak file dependensi yang belum terinstall secara native.

3. Download Driver Via dari pembuatnya. Namun pada tahap sampai pada halaman login tidak bisa muncul form loginnya. Blank coklat, mousenya bisa digerak-gerakkan. Mungkin sebenarnya ini masalah kecil. tapi saya nggak tahu cara membetulkannya. SOLUSI TERMUDAH Setelah saya cari-cari di ruang diskusi Ubuntu lantas saya menemukan skrip yang melakukan langkah-langkah istall openchrome secara otomatis sejak dari download dependensi, install openchrome sampai mengubah file xorg.conf . Bisa dibilang cuma sekali hit, meskipun ada beberapa tahap yes no yang sesekali harus di jawab. Namun untuk mendapatkan file ini harus menjadi anggota ubuntu forum, karena harus login, sehingga saya share biar tidak harus login saat mengambilnya. Silahkan download disini dan jalankan.

KELEMAHAN Meskipun berhasil diinstall, ternyata proses instalasi dengan cara ini masih menimbulkan sedikit masalah.

1. TTY tidak berjalan saat kita tekan ctrl+alt+f1. Tampilan X tidak bergeming.

2. Resolusi pada halaman login tidak bisa tampil wide screen. Saya belum ada waktu ngoprek karena mungkin fungsi-fungsi itu saat ini kurang penting bagi saya. Namun jika anda mempunyai informasi untuk membenahi kelemahan tersebut, maka silahkan tambahkan dirunag komentar. Dan saya ucapkan Matur Nuwun

Open Chrome

Open Chrome

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: