Bhumi Sudha dan Pamarisudha

Bhumi Sudha dan Pamarisudha 13 Maret 2009
Besakih hari ini, 13 Maret 2009, dilaksanakan 2 upacara yaitu upacara Bhumi Sudha di Genah Tawur, Bancingah Agung Pura Agung Besakih dilaksanakan pada jam 11.30 yang lalu dan upacara Pamarisudha di Pura Penataran Agung Besakih dilaksanakan sore ini sekitar jam 16.00.
Dua upacara ini bermakna sebagai pembersihan secara spiritual terhadap areal upacara, di Bancingah Agung dan Pura Penataran Agung Besakih, setelah sebelumnya semenjak Nuwasen Karya dilakukan berbagai persiapan termasuk pembuatan berbagai bangunan upacara, pemasangan busana wewangunan dan penyiapan berbagai sarana upakara lainnya.
Bersamaan dengan upacara Pamarisudha di Pura Penataran Agung Besakih, dilakukan pula upacara Pamelaspas dan Nubung Pedagingan di sepuluh bangunan palinggih yang dalam kurun waktu setahun belakangan ini dilakukan renovasi fisik bangunan. Upacara Bhumi Suda dan Pamarisudha menandakan bahwa persiapan tempat upacara telah selesai dibuat dan dinyatakan suci sehingga di areal upacara tersebut tidak boleh lagi ada kegiatan lain selain yang terkait dengan upacara Tawur Panca Bali Krama.
Upacara Bhumi Sudha dipimpin oleh Ida Pedanda Dwija Nuraga dari Grya Budakeling, Karangasem sedangkan upacara Pamarisudha dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Griya Aan, Klungkung.

.
Foto 1: Ida Pedanda Dwija Nuraga sedang melakukan pemujaan Bhumi Sudha di Genah Tawur Bancingah Agung Pura Agung Besakih.
Foto 2: Mundut pedagingan saat akan dilakukan ritual Nubung Pedagingan di Mandala 3 Pura Penataran Agung Besakih,
Foto 3: Muspa sebagai penutup rangkaian upacara Pamarisudha, Pamelaspas lan Nubung Pedagingan di Pura Penataran Agung Besakih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: