Melasti dan Tawur Labuh Gentuh

Melasti dan Tawur Labuh Gentuh. 21 Maret 2009
Setelah Nedunang pralingga Ida Bhatara sajebag Pura Agung Besakih kemarin (20 Maret 2009), hari ini 21 Maret 2009 dilaksanakan upacara Melasti ke Segara Klotok dilanjutkan dengan upacara Tawur Labuh Gentuh.
Prosesi Melasti dimulai sejak pagi sekitar jam 08.15 dengan berbagai persiapan, terutama ngias (menghias) pralingga dan jempana (jol) Ida Bhatara. Tepat jam 10.31 wita, iring-iringan Melasti berangkat dengan urutan upakara dan jempana sesuai dengan ketentuan, yaitu diawali oleh jempana Ida Bhatara Catur Lawa (Ida Ratu Bagus Pande berikut pajenengan, Ida Ratu Pasek berikut tambur, Ida Ratu Dukuh dan Ida Ratu Penyarikan). Palelastian yang diikuti oleh sekitar 200 orang saat berangkat semakin bertambah ketika melewati desa-desa yang dilalui menuju Klotok.
Karena padatnya pengiring, persembahan upacara pamendak di beberapa titik lokasi sepanjang perjalanan dan juga pergantian pamundut, iring-iringan palelastian berjalan relatif lambat. Iring-iringan baru tiba di Klungkung pada jam 16.39 wita dan tiba di segara Klotok pada jam 18.27 wita. setiba di Klotok, upacara dilanjutkan dengan Tawur Labuh Gentuh yang dilaksanakan di genah tawur di sisi barat Pura Klotok. Upacara Tawur Labuh Gentuh baru berakhhir pada jam 20.11 dilanjutkan dengan upacara Pakelem dan iring-iringan Palelastian melanjutkan perjalanan menuju Pura Penataran Agung Klungkung untuk persembahan pamendak dan menginap semalam,

.
Foto 1: Ida Bhatara Ratu Bagus Pande yang berada diurutan pertama tampak menuruni tangga candi bentar Pura Agung Besakih.
Foto 2: Iring-iringan Palelastian ketika menuruni Bukit Jambul
Foto 3: Prosesi Tawur Labuh Gentuh di segara Klotok
Foto 4: Iring-iringan jempana memasuki natar jeroan Pura Penataran Agung, Klungkung, melewati tragtag (tangga khhusus) di atas pagar (panyengker pura).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: